Maluku

Sinode GPM Serahkan Bantuan Hewan Kurban ke Masjid Raya Al-Fatah Ambon

potretmaluku.id – Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) menyerahkan bantuan hewan kurban kepada Pengurus Mesjid Raya Al-Fatah Ambon, dalam menyambut perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Hewan korban berupa satu ekor sapi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM Pdt. Elifas Tomix Maspaitella dan diterima oleh Imam Masjid Raya Al-Fatah K.H R.R Hasanussi, di halaman masjid, Rabu (6/7/2022).

Turut menyaksikan penyerahan hewan kurban dari Sinode GPM ini, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena.

“Aktivitas seperti ini, di penyerahan bantuan hewan kurban ini, adalah salah satu cara untuk menghidupkan terus seluruh media-media perdamaian antar umat beragama, yang sudah kita ciptakan selama ini,” ujar Elifas.

Jadi, kata dia, ini bukan soal rutinitas, tapi dilakukan karena ada nilai-nilai perdamaian persaudaraan di dalamnya, dan itu yang harus dijadikan materi edukasi kepada semua umat beragama.

Elifas yakin di dalam ajaran agama manapun, memberi, rela berkorban, ya saling menolong itu, adalah nilai-nilai pokok keagamaan yang harus terus dijadikan semacam nilai bersama ya untuk hidup.

“Dan kalau pada sisi itu kita dapat bertemu, mengapa kita tidak mengefektifkan perjumpaan-perjumpaan seperti itu. Jadi kami berharap event hari raya Idul Korban atau Iduladha ataupun hari raya umat beragama yang lainnya, dapat terus menarik simpati dan partisipasi semua umat beragama untuk turut menerima semua momen suci keagamaan itu sebagai bagian dari pembentukan spiritualitas keumatan,” paparnya.

Dan salah satu tanggung jawab kita muncul spiritualitas kita adalah sebenarnya membangun hidup yang penuh damai, membangun persaudaraan yang lebih kuat untuk menjadi pesan-pesan yang universal kepada semua umat beragama dan umat manusia di seluruh dunia.

Menurut Elifas, memang pada idul korban kali ini, kita masuki dalam nuansa keprihatinan kepada saudara-saudara kita, yang mengalami korban bencana di mana-mana termasuk di Maluku.

“Karena itu melaluinya kami berharap supaya ada nilai kasih, nilai rela berkorban dan nilai-nilai yang memberi itu, yang harus ditanamkan untuk kita bagikan bersama dengan semua orang yang menderita,” imbuhnya.

Setiap tahun, pihaknya kata Elifas, menyerahkan bantuan satu hewan kurban. “Memang ada partisipasi juga di klasis-klasis GPM yang lain. Dan yang kita mau coba tanamkan itu bukan berapa jumlah yang kita beri dari sinode GPM, tapi niat dari hati yang tulus untuk memberikan bantuan,” pungkasnya.

Sementara itu, Imam Masjid Raya Al-fatah Ambon mengakui, sampai hari ini cukup banyak instansi dan lembaga yang memberikan bantuan hewan kurban menyambut Hari Raya Iduladha yang kian dekat.

“Sampai hari ini ada lima ekor sapi,dan beberapa ekor kambing yang terus disumbangkan oleh berbagai pihak. Semua hewan kurban tersebut akand disembelih dan dibagikan kepada yang berhak menerima pada Hari Raya Iduladha nanti,” pungkasnya.(TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button