Maluku

Satgas Covid-19 Maluku Awasi Pelabuhan dan Bandara untuk Antisipasi Omicron

potretmaluku.id – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, akhirnya mengumumkan ditemukannya kasus pertama varian baru Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021) kemarin.

Meski baru ditemukan di Jakarta, namun Satuasn Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku sudah mengambil langkah antisipasi, dengan melakukan pengawasan ketat pelabuhan dan bandara sebagai pintu masuk.

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku dr. Adonia Rerung, kepada wartawan di Ambon, Jumat (17/12/2021).

“Hal ini penting dilakukan untuk cegah masuknya Covid-19 varian omicron ke Maluku. Pengetatan pengawasan di pintu-pintu masuk baik itu melalui jalur laut maupun bandar udara,” ujarnya.

Pengawasan di pintu masuk ini, kata dia, melalui pengetatan pemeriksaan bukti-bukti persyaratan perjalanan. Meski begitu, lanjut Adonia, pengetatan pintu masuk itu ranahnya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“ereka punya ranah di situ dan itu memang sudah dibicarakan. Baik di tingkat kementerian maupun daerah. Karena mereka juga kami libatkan dalam Satgas dan itu sudah ditekankan pengetatan di situ,” terangnya.

Menurut Adonia, aelain pengetatan pintu-pintu masuk, penerapan protokol kesehatan pun wajib diutamakan disamping mendorong percepatan vaksinasi.

“Sebagaimana anjuran Pak Presiden, kita tidak perlu panik tapi tetap waspada. Waspadanya itu, lalulintas orang harus dibuktikan dengan bukti-bukti persyaratan perjalanan,” pungkasnya.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button