Pendapat

Masuk Lewat Jendela, Nyalakan Pemancar Pukul 04.00 Dini Hari

Oleh: Rusdin Tompo (Koordinator Perkumpulan Penulis Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan)


Saya sering katakan, kalau orang pernah bekerja di lembaga penyiaran, pasti disiplinnya terbentuk. Seorang penyiar selalu dianjurkan paling lambat datang 15-30 menit sebelum dia bertugas. Ini penting supaya dia prepare, mempersiapkan diri dan bahan siaran yang akan dibawakan. Dia mesti mencari atau melihat lagu apa yang cocok sebagai pembuka siarannya, atau persiapan lain yang diperlukan supaya dia tidak terburu-buru.

Itu pada level penyiar, ketika siaran sudah mengudara. Sebelum itu, ada tugas penting yang tidak semua orang tahu: menghidupkan pemancar. Ya, memang tidak semua orang tahu karena dilakukan sebelum subuh hari, ketika kebanyakan orang masih terlelap tidur. Tugas itulah yang saya emban di masa awal bekerja di Radio Venus AM 1152 Khz, tahun 1994, sebelum kantor punya office boy.

Oleh teman-teman, office boy ini disebut (maaf) penjaga studio, karena dia tidur di studio, bertanggung jawab atas kebersihan studio, dan membantu kelancaran tugas penyiar. Demi kemudahan tugasnya, office boy Radio Venus, kebanyakan tidur di kantor yang memang cukup luas, dan punya fasilitas kamar tidur. Dia tidur di studio karena tuntutan pekerjaan, membantu menghidupkan pemancar sebelum pukul 04.00 wita.

Disebut membantu karena dengan begitu, sebagai orang yang bersiaran pagi, tak perlu lagi datang buru-buru menaikkan pemancar. Selama saya bekerja di sana, tahun 1994-1996, ada empat office boy. Mula-mula Udin, lalu keluar digantikan Nyong, kemudian diganti lagi oleh Johan, dan terakhir Victor.

Sebelum ada office boy menginap di kantor, lalu bangun dini hari untuk menghidupkan pemancar, sayalah yang bertugas menghidupkan pemancar. Jarak rumah saya di Kassi-Kassi, Jalan Palm Merah, dengan studio Radio Venus tak cukup 100 meter. Sebagai informasi, rumah saya itu hanya beberapa meter dari batas Jalan Aroepala dengan Jalan Letjend Hertasning, atau dekat dengan Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, sebelum pindah.

Dari rumah ke studio Radio Venus, saya hanya berjalan kaki. Jalan menyusuri Komplek Permata Hijau Permai di gelap malam. Alamat Radio Venus di Komplek Permata Hijau Blok L Nomor 9, berhadapan dengan perumahan pegawai Pemda Provinsi Sulawesi Selatan, yang biasa disebut perumahan kantor gubernur.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2Next page
Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button